Taukah Kamu, Perkembangan Teknologi Abad Ke-20 Merupakan Salah Satu Pendorong Munculnya Globalisasi Dunia

HaiTekno - Dalam artikel ini dijelaskan bahwa teknologi baru yang berkembang seperti telekomunikasi memudahkan persebaran informasi, pertukaran pemikiran, pemikiran dan budaya di dunia, yang menimbulkan adanya globalisasi.


Apa itu globalisasi?


Globalisasi adalah proses dimana orang-orang dan negara-negara di dunia semakin saling terkait satu sama lain, sehingga saling memerlukan dan saling mempengaruhi, dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial dan budaya.


Globalisasi dimungkinkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menghasilkan perangkat penunjang globalisasi.


Perangkat yang dimaksud dalam pembahasan ini dimulai dari penemuan telegraf pada abad ke 19, hingga kemudian telepon, radio, televisi, hingga internet.


Semua teknologi ini sangat tergantung pada perangkat elektronik yang memerlukan listrik untuk beroperasi.


Salah satu contoh teknologi yang mendukung globalisasi pada saat ini adalah Internet.


Internet dianggap sebagai jalan utama globalisasi karena merupakan metode utama pertukaran informasi di era milenium saat ini.


Pada fungsinya, internet digunakan untuk bertukar informasi misalnya dengan media sosial, situs video online, situs berita dan sebagainya.


Pertukaran informasi menggunakan internet juga memungkinkan transaksi ekonomi seperti jual beli dan internet banking.


Globalisasi juga didorong oleh perdagangan internasional. Dengan kegiatan ekspor dan impor, produk, budaya dan pemikiran dibawa dari suatu negara ke negara lain.


Pertukaran ini menyebabkan terjadinya globalisasi di dunia.

Lebih baru Lebih lama